Kamis, 08 November 2012

Fenomena Interpersonal dan Intrapersonal di Internet

Internet pada zaman sekarang sudah seperti rutinitas sehari-hari. dari mulai anak kecil hingga dewasa, pasti sudah bisa mengakses internet. Internet memiliki banyak manfa'at bagi mereka yang menggunakannya sebagai sesuatu yang positif dan bisa berdampak negatif bagi orang yang salah menggunakannya. Bisa dibilang internet itu benda pasif, seperti pisau contohnya, jika pisau itu digunakan oleh ibu rumah tangga bisa digunakan untuk memotong bahan-bahan masakkan, tetapi jika digunakan oleh seorang penjahat (pembunuh) mungkin bukan untuk memotong sayuran
Orang menggunakan internet dengan berbagai alasan dan berbagai maksud, ada yang menggunakannya sebagai mencari teman (social network), sebagai tempat berjualan, sebagai hiburan, dan lain-lain.
Biasanya orang menggunakan internet untuk melakukan interaksi dengan orang lain, dlam interkasi melalui dunia maya ini ada juga orang yang menggunakan identitas palsu, orang yang menggunakan indentitas palsu ini biasanya tidak percaya diri untuk menunjukan siapa dirinya. Selain itu mereka juga menganggap jika menggunakan identitas palsu, mereka bisa jadi siapa saja yang mereka mau.
Ada juga seseorang yang biasanya kita kenal pendiam juka berhadapan langsung, tetapi jika sudah memasuki dunia maya, kita dikejutkan dengan sifatnya yang bawel, cerewet atau suka mengkritik orang-orang yang seperti ini mereka biasanya memiliki sifat pemalu, dan hanya orang-orang terdekatnya yang mungkin diajak berinteraksi.
Selain untuk bersosialisasi, ada juga orang-orang yang menggunakan internet sebagai tempat mencari keuntungan. Tak jarang banyak situs-situs yang bisa temukan untuk memperjual belikan hasil produksi mereka.

0 komentar:

Posting Komentar