Minggu, 23 Desember 2012

Fenomena Psikoterapi di Internet

Semakin pesat perkembangan teknologi, semakin banyak pula orang yang menggunakannya dengan berbargai tujuan, selain untuk berbisnis, mencari teman, mencari informasi, saat ini internet juga digunakan untuk melakukan psikoterapi oleh para psikolog.
Sebelum ada fenomena psikoterapi online ini, kita telah bisa menikmati psikotes online. tes-tes psikologi yang di lakukan secara virtual. dan semakin berkembang pesatnya teknologi, akhirnya para psikolog mencoba psikoterapi secara online. 
Dalam dunia akademisi, kita melihat peningkatan minat bersama dengan penelitian di bidang psikoterapi online. Salah satu sumber yang menarik datang dari seorang psikolog bernama John Suler, Ph.D. Rider University. Dalam artikelnya tentang “Masa Depan Psikoterapi Online dan Kerja Klinis” diterbitkan dalam Journal of Applied Studi psikoanalitik pada tahun 2001, ia memprediksi akan adanaya spesialis psikoterapi online untuk setiap jenis model klinis online dan format.
Pembahasannya juga menawarkan model yang baik untuk memahami perkembangan konseling online untuk saat ini. Dr Suler dimulai dengan diskusi tentang psikoterapi online yang memanfaatkan email sebagai modus utama interaksi. Dia akhirnya membawa kita ke tahap berikutnya dalam pengembangan psikoterapi online, yang menggunakan model yang lebih sinkron (Suatu jenis komunikasi dua arah dengan hampir tidak ada penundaan waktu, yang memungkinkan peserta untuk merespon secara real time) seperti terapi chatting mana ada real time interaksi berbasis teks antara klien dan terapis. Akhirnya, ia berbicara tentang terapi saat ini online menggunakan format video berbasis sinkron dimana klien dan terapis bicara dan melihat satu sama lain secara real time melalui Internet.
Praktisi lebih banyak mengambil mode ini pelayanan serius meskipun beberapa keterbatasan yang ada. Jika kita melihat fenomena ini dari sudut pandang kesempatan kita melihat bahwa akan ada permintaan di luar batas wilayah bagi dokter yang merek sendiri secara efektif dan membangun tingkat kredibilitas tertentu di lapangan. Hal ini tidak sulit untuk membayangkan skenario individu yang menderita masalah psikologis tertentu dan / atau unik. Orang ini memilih untuk penelitian masalah yang dirasakan / gejala di Internet dan menemukan seorang ahli dalam subjek bahwa dia / dia memilih untuk mencari layanan dari terlepas dari lokasi profesional. Seorang praktisi yang telah dipasarkan sendiri / dirinya sendiri secara efektif dan telah memanfaatkan teknologi saat ini untuk menawarkan sesuatu yang berharga kepada orang lain di luar tradisional tatap muka psikoterapi akan memiliki keunggulan kompetitif di pasar itu. 
Psikoterapi online ini bermanfaat untuk mereka yang ragu-ragu atau malu untuk berkonsultasi dengan tatap muka. Selain itu hal ini bisa merupakan langkah awal menuju pertemuan dengan terapis dan mungkin bisa membuat orang merasa lebih nyaman dalam menerima bantuan jika harus bertemu langsung (bertatap muka).
Melalui psikoterpi online ini juga bisa membantu mereka yang mungkin sulit untuk dijangkau secara langsung oleh para terapis, seperti mereka yang tinggal di daerah terpencil dimana jarak dan medan yang sulit dilalui.
Mungkin hanya sedikit situs-situs psikoterpi online yang saya ketahu, antara lain :
Mungkin itu sedikit penjelasan yang bisa diuraikan tentang fenomena psikoterapi yang terjadi di internet.


0 komentar:

Posting Komentar