Selasa, 04 Oktober 2011

Manusia dan cinta kasih

Pengertian cinta kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarmita, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. karena itu cinta dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruhbelas kasihan.
Namun meski memiliki kesamaan, pengertian cinta lebih kepada mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarannya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Pengertian tentang cinta dikemukakan juga oleh Dr Sarlito W. Sarwono. Dikatakannya bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Berikut yang menunjukkan segitiga cinta.
Cinta memiliki tiga tingkatan : tinggi, menengah, dan rendah. Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah, dan berjihad di jalan Allah. Cinta menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal.


Cinta menurut ajaran agama
Dalam kehidupan manusia, cinta menampakan diri dalam berbagai bentuk. Kadang-kadang seseorang mencintai dirinya sendiri. Kadang-kadang mencinta oranglain. Atau juga istri dan anaknya, hartanya, atau Allah dan Rasul-Nya. Bebagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-Qur’an.
  1. Cinta diri : erat kaitannya dengan menjaga diri
  2. Cinta kepada sesama manusia : agar manusia hidup dengan penuh keserasian dan keharmonisan
  3. Cinta seksual : erat kaitannya dengan dorongan seksual.
  4. Cinta kepada Allah : puncak cinta manusia, yang paling bening, jernih dan spiritual.
  5. Cinta kepada Rasul : Rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral,maupun berbagai sifat luhur lainnya.
Kasih sayang
 Pengertian kasih sayang menurut kamus umu bahasa indonesia kearangan W.J.S.Poerwadarminta adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
Kasih sayang, dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Komunikasi anatar anak dan orang tua. Pada prinsipnya anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya. Pengembangan watak anak dan selanjutnya tak boleh lepas dari kasih sayang dan perhatian orang tua. Suatu hubungan yang harmonis akan terjadi bila hal itu terjadi secara timbal balik antara orang tua dan anak.
Dari cara pemberian cinta kasih ini dapat dibedakan :

  • Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif.
  • Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat aktif.
  • Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif.
Kasih sayang itu nampak sekali bila seorang ibu sedang menyusui atau menggendong, bayinya itu bercakap-cakap, ditimang-timang, dinyanyikan, meskipun bayi itu tak tahu arti kata-kata, lagu dan sebagainya.
Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.
Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orag dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai kemampuan dan bakatnya. Rendra dalam puisinya “Episode” mislanya, melukiskan betapa kemesraan cinta merasuk kedalam jiwa dua sejoli muda mudi yang sedang menjalin cinta.
 
Kami duduk berdua
di bangku halaman rumahnya
pohon jambu di halaman itu
Berbuah dengan lebatnya
dan kami senang memandangnya
angin yang lewat
memainkan daun yang berguguran
tiba-tiba ia bertanya
“mengapa sebuah kancing bajumu lepas terbuka?”
aku hanya tertawa
lalu ia sematkan dengan mesra
sebuah peniti menutup bajuku
sementara itu
aku bersihkan
guguran bunga jambu
yang mengotori rambutnya


Pemujaan
 Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta kepada Tuhannya yang di wujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti , nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.

Belas kasihan
Kata kasihan atau rahmah berarti bersimpati kepada nasib atau keadaan yang diderita orang lain. Perbedaan kata rahmah dengan rahman adalah, kalau rahman ada unsur memberi, sedangkan rahmah adalah kit amenaruh perhatian (simpati) terhadap penderitaan orang lain, lalu kita menunjukkan jalan keluar kepadanya.
Dalam kehidupan banyak sekali yang harus kita kasihani dan banyak cara kita menumpahkan belas kasihan. Ada berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan bergantung pada situasi da kondisi. Ada yang memberikan uang, ada yang memberikan barang, ada yang memberikan pakaian, makanan, dam sebagainya.


Cinta kasih erotis
Cinta kasih erotis, yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurnam akan penyatuan dengan seseorang lainnya. Pada hakekatnya cinta kasih tersebut bersifat ekslusif, bukan universal, dan juga barangkali merupakan berntuk cinta kasih yang paling tidak dapat dipercaya.

sumber : Nugroho, Widyo dan Muchji, Achmad. 1996. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Gunadarma

0 komentar:

Posting Komentar