Selasa, 06 Maret 2012

Anak Indigo

Anak indigo adalah sebutan seorang anak yang memiliki kemampuan yang di luar batas dari anak normal. Istilah anak indigo di kemukakan pertama kali oleh seorang cenayang yaitu Nancy Ann Tappe sekitar tahun 1970-an.  Saat itu ia melihat anak-anak dengan aura indigo yang belum pernah ada sebelumnya. Anak-anak indigo memiliki karakteristik yang sama.  Umumnya mereka memiliki perilaku yang tidak lazim untuk anak seusianya.
 Ustaz KH Abid Marzuki Lc. berpendapat bahwa “anak-anak indigo memiliki kesadaran lebih tinggi daripada kebanyakan orang mengenai siapa diri mereka dan tujuan hidup mereka sehingga memerlukan perlakuan khusus. Tapi sayang, banyak masyarakat belum tahu bagaimana mengelola dan memperlakukan kelebihan anak indigo. Akibatnya kemampuan indera keenam anak indigo sering disalah gunakan dengan menggiring anak menjadi paranormal. Padahal kelebihan yang diberikan Allah kepada anak indigo, adalah karomah dan maunah, ” ujarnya. Dikutip dari Pikiran Rakyat, dalam diskusi di The 6th Ramadhan Informal Study on Education Psychology, yang diadakan di Islamic Center, Bekasi.
Anak indigo memiliki aura tubuh yang di dominasi warna nila (kombinasi warna biru dan ungu) dalam kehidupan mereka. Tidak jarang mereka juga disebut anak nila. Indigo terkait dengan indra keenam yang terletak pada cakra kening merupakan mata ketiga yang berpusat ditengah kepala, menggambarkan intuisi dan kekuatan batin yang luar biasa tajam melebihi kemampuan orang kebanyakan. Sering di sebutkan anak anak indigo memiliki kemampuan untuk melihat hal hal yang bersifat supranatural, seperti meramalkan masa depan atau melihat masa lalu. Anak indigo juga mampu menunjukkan empati yang sangat dalam dan mudah merasa iba serta tampak bijaksana untuk anak-anak seusianya.
Tidak bisa diketahui sebabnya apa tetapi banyak yang menganggap anak-anak indigo memiliki kemampuan tersebut merupakan keturuanan gen dari pendahulunya yang mungkin seorang yang ahli di bidang supranatural. Ciri-ciri anak indigo yang telah diketahui antara lain :
  1. Memiliki keinginan yang kuat
  2. Berdedikasi dengan melakukan apa yang ada di pikirannya daripada mematuhi kehendak orang tua.
  3. Bijaksana dan mempunyai tahap kesadaran juga mempunyai kebersamaan yang melebihi pengalamannya.
  4. Secara emosi, mereka dapat dengan mudahnya bereaksi sehingga tidak jarang mereka memiliki permasalahan dengan kecemasan, depresi atau bahkan stress.
  5. Kreatif dalam berpikir dengan menggunakan otak kanan namun tetap harus berusaha belajar dengan menggunakan otak kiri terutama pada sistem di sekolah.
  6. Sering didiagnosis mengalami ADD ataupun ADHD saat mereka menunjukkan perilaku impulsive (otak memproses informasi lebih cepat) dan mereka selalu bergerak agar lebih fokus.
  7. Anak indigo sangatlah peka dan dapat melihat, mendengar atau mengetahui sesuatu hal yang tidak dimiliki orang-orang kebanyakan.
  8. Mempunyai gaya belajar secara visual dan kinestetik, mereka mampu mengingat dengan baik apa yang terekam dalam otaknya.
  9. Apabila keinginannya tidak terpenuhi, maka mereka akan merasa kesulitan dan menjadi self centered, walaupun hal ini bukanlah sifat sebenarnya.
  10. Mempunyai potensi dan bakat yang luar biasa, namun dapat hilang begitu saja jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik.
Biasanya anak-anak indigo ini memiliki kesulitan untuk mengontrol emosinya. Hal ini di sebabkan karena permasalahan kescemasan, kemungkinan perilkaku obsesif, kompulsif, atau kepanikan yang berlebih. Terkadang mereka depresi dan memiliki perasaan harga diri yang rendah karena mereka berusaha untuk belajar dan memahami dengan carnya  sendiri yang masih tradisional.
Perlu dipahami, anak indigo memiliki getaran tenaga yang tinggi dengan pola yang menetap, yang kemudian ditunjukkan dengan aura warna indigo pada tubuhnya. Dan pada saat tidak stabil mereka membutuhkan orang tuanya atau terapi. Diperlukan adanya pemahaman dasar mengenai tenaga. Hal lain yang tidak kalah penting yaitu dengan mengajar anak indigo dan orang tuanya terhadap teknik dalam menyeimbangkan fikiran dan cara untuk mengurangi stress pada anak, sehingga anak tidak terpengaruh pada tenaga yang negatif. (Dikutip dari, "Pengertian Tentang Anak Indigo dan Karakteristiknya." Majalah Celoteh, 15th Nov 2009.)
Mereka cerdas dan kreatif, namun bersifat sulit diatur pada kekuasaan dan sistem secara umum. Mereka sering disalah diagnosa sebagai ADD (Attention Deficit Disorder atau Gangguan Kekurangan Perhatian) atau ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder atau Gangguan Hiperaktif Kekurangan Perhatian) yang membutuhkan terapi untuk mengatasi sifatnya.
Secara fisik dan emosional mereka sangat sensitif. Mereka juga sangat perhatian dan empati terhadap orang lain, namun ada juga yang menjadi terlihat tidak berperasaan. Anak Indigo dapat mudah marah dan kasar, mereka membutuhkan keyakinan bahwa dirinya diterima dan memerlukan konseling. Indigo juga mempunyai rasa depresi di usia muda jika mereka merasa tidak mengapa mereka dilahirkan.

0 komentar:

Posting Komentar