Senin, 05 Maret 2012

SOFTSKILL

Apa Itu Sofskill?
 Selintas pertanyaan itu tidak asing tetapi sampai saat ini saya tidak begitu paham apa maksudnya?
saya pun mencoba searching apa itu arti softskill, ternyata sudah banyak yang paham, hanya saya saja yang ketinggalan berita --'
Oke saya akan mencoba menguraikan hasil dari pencarian saya.
Dalam wikipedia pengertian Softskill itu sebagai berikut :  Softskills is a sociological term which refers to the cluster of personalty traits, social graces, facility eih language, personal habits, friendliness, and optimism that mark people to varying degress. Soft skills complement hard skills, which are the technical requirement of a job.
Berthal dalam Illah Sailah (2008) : "personal and interpersonal behaviors that develop and maximize human perfomance (eg. Coaching, team building, decision making, intiative). Softskills don't  include techncal skill, such as financial, computer assembly skills".
Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan softskills adalah kemampuan individu dalam mengelola dirinya sendiri (interpersonal skills) dan berhubungan dengan orang lain (intrapersonal skills).
Interpersonal skills adalah kemampuan untuk mengelola diri sendiri. Contohnya :
  1. Manajemen waktu
  2. Manajemen stress
  3. Manajemen perubahan
  4. Karakter transformasi
  5. Berpikir kreatif
  6. Memiliki acuan tujuan positif, dsb.
Intrapersonal skills adalah kemampuan berhubungan dengan orang lain.
"Kemampuan interpersonal adalah keterampilan untuk bersosialisasi dengan orang lain. (Pratiwi dan Putra, 2005 : 232)"
contohnya : interaksi, kerjasama tim, dan yang lainnya yang menuntut kerjasama.

Perbedaan Hardskills dan Softskills 
Diatas telah di uraikan tentang softskills. Lalu perbedaan antara Softskill dan Hardskill itu apa?
Sebelum itu kita coba uraikan apa itu hardskills. Pengertian hardskills adalah : "The hard competence referring to job-specific abilities, and relevance will be about specific knowledge relating to “up to date” systems".
 Dari pengertian antara softskill dan hardskill dapat disimpulkan perbedaannya.
Softskill merupakan kemampuan-kemampuan dasar yang perlu ditumbuhkan dalam diri kita, agar dapat memotivasi diri dan orang lain, bertanggung jawab, membangun relasi, berkomunikasi, negosiasi, beradaptasi dengan lingkungan, berkreasi, berinovasi dan berwirausaha, memimpin, membangun kerjasama, mengelola sumber daya dan lain sebagainya.
Hardskill merupakan kemampuan atau keterampilan kita yang berkaitan dengan kemampuan kita dalam pengusaan materi dari ilmu pengetahuan yang dimiliki lalu softskill lah menjadi media penyempurnaan dari adanya hardskill.



Keterkaitan softskill dan hardskill dalam dunia kerja dan perkuliahan
Jelas sekali setelah kita melihat penjelasan yang telah di uraikan, softkill dan hardskill saling berkaitan untuk dunia perkuliahan dan dunia kerja, karena perpaduan antara mereka akan membantu kita untuk meraih kesuksesan lebih cepat dan jenjang karir yang lebih tinggi.
Softskill melengkapi hardskill begitu juga sebaliknya. Dimana hardskill merupakan representasi dari IQ terkait dengan persyaratan teknis pekerjaan dan beberapa kegiatan lainnya.


Apa yang dibutuhkan dari lulusan universitas untuk dunia kerja?
Ternyata bukan hanya ipk tinggi yang di butuhkan untuk bersaing di dunia kerja, tetapi keterampilan kita dalam softskiil pun diperlukan, karena hasil  survei NACE (national association of colleges and employers) 2002 di Amerika serikat bahwa IP hanyalah No.17 dari 20 kualitas yang dianggap penting dari seorang lulusan universitas, hal itu hasil jajakan pendapat dari 457 pengusaha.
Dengan demikian jelas sekali bahwa softskill penting untuk menghadapi dunia kerja,  namun bukan berarti sekolah atau kuliah tidak diperlukan tetapi itu syarat untuk kita menguasai bidang yang diinginkan.


sumber 1
sumber 2


0 komentar:

Posting Komentar